20121004

Al-Qur'an Untuk Muslim

Al-Qur'an sebagai pedoman hidup seluruh kaum muslim seantero bumi ini maka setidaknya ada 5 kewajiban muslim terhadap al-Qur`an
      1. Mengimani
Beriman kepada kitab Allah merupakan suatu keharusan bagi setiap muslim, bahkan dengan beriman kepada Al-Qur'an, seseorang akan memiliki ciri-ciri muslim yang bertaqwa kepada Allah Swt. Allah berfirman:
ذلك الكتاب لا ريب فيه هدى للمتقين  o  والذين يؤمنون بما أنزل إليك وما أنزل من قبلك وبالآخرة هم يوقنون
"Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (yaitu) mereka yang beriman kepada kitab (Al-Qur'an) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummya" (QS. Al-Baqarah:2 dan 4)

Yang dimaksud dengan mengimani Al-Qur'an adalah meyakini bahwa Al-Qur'an itu memang benar-benar wahyu dari Allah, bukan karangan nabi Muhammad SAW. Karena Al-Qur'an kita yakini sebagai wahyu dari Allah Swt, maka kita pun yakin bahwa kebenaran Al-Qur'an itu memang mutlak sehingga tidak ada sedikit pun dari Al-Qur'an yang kita ragukan kebenarannya.
وآمنوا بما أنزلت مصدقا لما معكم ولا تكونوا أول كافر به ولا تشتروا بآياتي ثمنا قليلا وإياي فاتقون
"Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Qur'an) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa " (QS. Al Baqarah:41)
 2.       Membaca dan Menghafal
Setelah mengimani, kewajiban lain dari kaum muslimin terhadap Al-Qur'an adalah membacanya. Karena itu setiap muslim wajib bisa membaca Al-Qur'an dengan baik.
الذين آتيناهم الكتاب يتلونه حق تلاوته أولئك يؤمنون به ومن يكفر به فأولئك هم الخاسرون
Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barang siapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi. (QS. Al-Baqarah :121)
Bagi yang belum bisa membacanya dengan baik, hendaknya senantiasa bersemangat untuk mempelajari cara membaca al-Qur`an dan tetap bersemangat pula untuk menjadikan al-Qur`an sebagai bacaan hariannya. Begitu pula bagi yang sudah pandai membaca Al-Qur'an, hendaknya rajin membacanya.
“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari).
“Orang yang membaca Al-qur’an dan ia pandai membacanya, ia akan bersama para malaikat yang menjadi utusan yang mulia lagi suci. Sedangkan orang yang membaca Al-qur’an tetapi ia terbata-bata kesulitan, serta kesukaran dalam membacanya, ia akan memperoleh dua pahala.” (HR. Bukhori Muslim)
Dari Abu Umamah ra., ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda " Bacalah Al Quran, karena sesungguhnya Al Quran itu datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya "(HR. Muslim)
Dari Abu Musa Al Asy'ariy ra., ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al Qur'an seperti buah limau yang harum baunya dan lezat rasanya. Perumpamaan orang mukmin yang tidak suka membaca Al Qur'an seperti buah kurma yang tidak berbau tetapi rasanya manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Al Qur'an adalah seperti bunga yang harum baunya tetapi rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al Qur'an, seperti buah handhalah yang tidak ada baunya dan rasanya pahit (HR. Bukhari - Muslim)
بل هو آيات بينات في صدور الذين أوتوا العلم وما يجحد بآياتنا إلا الظالمون
"Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim." (QS Al-Ankabuut:49)
 3.       Mentadabburi dan Memahami
Ayat-ayat Al-Qur'an bagaikan intan:setiap sudutnya memancarkn cahaya yg berbeda dg apa yg terpancar dr sudut2 lain.Dan tdk mustahil jk anda mempersilahkn org lain memandangnya,mk ia akn melihat lbh bnyk ketimbang yg anda lihat (Abdullah Darraz)
Salah satu fungsi Al-Qur'an adalah sebagai petunjuk. Hidup ini adalah perjalanan, dan ibarat orang yang berada di jalanan, maka dia memerlukan petunjuk agar tidak tersesat di mana petunjuk itu bukan sekedar diperlukan tapi juga harus dipahami. Meskipun petunjuknya sudah ada tapi bila seseorang tidak memahaminya, maka dia tidak bisa mengikuti petunjuk itu. Karena itu setiap muslim hendaknya berusaha memahami kandungan isi Al-Qur'an.
وكذلك أنزلناه حكما عربيا ولئن اتبعت أهواءهم بعد ما جاءك من العلم ما لك من الله من ولي ولا واق
"Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al-Qur'an itu dengan peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan seandainya kami mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah" (QS. Ar-Ra’d:37)
أفلا يتدبرون القرآن أم على قلوب أقفالها
"Apakah mereka tidak mentadabburi al-Quran ataukah di atas hati-hati mereka ada penutup-penutupnya" (QS. Muhammad:24)
4.       Mengamalkan
Isi Al-Qur'an tentu tidak kita inginkan kalau hanya sekadar terdapat di dalam lembaran mushafnya, tapi yang kita dambakan adalah doktrin-doktrin yang agung itu terealisir dalam kehidupan yang nyata, apalagi Al-Qur'an memang bukan sesuatu yang khayali untuk bisa diamalkan.
وأن هذا صراطي مستقيما فاتبعوه ولا تتبعوا السبل فتفرق بكم عن سبيله ذلكم وصاكم به لعلكم تتقون
"Dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalanku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertaqwa" (QS. Al-An’am:153)
وهذا كتاب أنزلناه مبارك فاتبعوه واتقوا لعلكم ترحمون
"Dan Al-Qur'an itu adalah kitab yang kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertaqwalah agar kamu diberi rahmat""(QS 6:155)
5.       Memasyarakatkan Al-Qur'an
Hidup bersama Al-Qur'an tentu tidak bisa kita laksanakan dengan seorang diri, karena memang ada banyak ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur'an harus kita laksanakan secara bersam-sama. Oleh karena itu hidup bersama Al-Qur'an harus melibatkan orang lain. Ke arah itu, setiap muslim yang mendambakan hidup bersama Al-Qur'an hendaknya berusaha memasyarakatkan nilai-nilai Al-Qur'an, baik dengan mendakwahkan kepada orang lain secara lisan, tulisan maupun dengan perilaku sehari-hari.

0 comments:

Post a Comment

Design by Miftahul Huda Media Center Visit Original Post Copyright 2012