20110329

Manusia & Ibadah ; Khutbah Jum'at

الحمد لله. الحمد لله مشرف ا لأيّام بعضها على بعض. وموقظ القلوب الغافلة بالتّذكير والوعظ. العالم  با لأشيآء فلم يتقدّم علمه جهالة . الربّ الملك الّذى ليس لر  بو بيته تغيّرٌ  و لا إزالة. أحمده سبحانه على ما اولا نا من احسانه وإفضاله.وأشكره على جز  يل بره  ونواله. أشهد أنّ لا اله إ لاّ الله وحده  لا شر يك له شهادة ادّ خرها لشدا ئد يوم القيامة واهواله. واشهد أنّ سيّدنا محمّدا عبده ورسوله المفضّل بأشرف الرّسالة . اللّهمّ صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد وعلى جميع اصحابه واله . ومن حسنت فى ا لإ سلام افعاله. (امّا بعد) فـــــــيا ايــــّهاالنّاس إتّقوا  الله تعــالى
HADIRIN SIDANG JUM’AH …..
Marilah kita pacu hati nurani, jiwa dan intuisi kita untuk senantiasa mengagungkan asama Alloh Ta’ala dengan bertakbir, Tahlil, tasbih dan tahmied. Kita harus melatih sensitifitas jiwa kita untuk dapat “bergetar” ketika mendengar dan menghayati ayat-ayat atau tanda-tanda kekuasaan AllohSWT. Sebab dengan tanpa latihan, kiranya sulit bagi kita untuk menemukan getaran hati nurani sepeti yang dirasakan oleh para ulama’, auliya’, sholihin, dan para Nabi.
Dengan cara inilah kita berharap ikhtiyar kita untuk mempertebal dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita dapat berhasil, dengan bukti terwujudnya “Kesalehan Secara Totalitas” yakni pemenuhan tugas dan tangggung jawab kekhalifahan di muka bumi ini.
Karena kebetulan, atau memang sudah merupakan “skenario” yang telah terukir di Laukhul Mahfudz, seperti sudah sama-sama kita ketahui, mula-mula Allah mengumumkan akan menciptakan manusia yang akan di jadikan “Kholifah” (penguasa serta pemelihara di bumi), dengan berpegang teguh pada syari’at Allah yang ditunjukkan untuk kita.
(; Dekat & Jauhnya Nabi Adam AS
وقلنا يا آدم اسكن أنت وزوجك الجنة وكلا منها رغدا حيث شئتما ولا تقربا هذه الشجرة فتكونا من الظالمين
35. Dan kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim. (Al-Baqarah : 35)
فوسوس إليه الشيطان قال يا آدم هل أدلك على شجرة الخلد وملك لا يبلى
120. Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: "Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?" (Thaha : 120)
فأزلهما الشيطان عنها فأخرجهما مما كانا فيه وقلنا اهبطوا بعضكم لبعض عدو ولكم في الأرض مستقر ومتاع إلى حين
36. Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan kami berfirman: "Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan." (Al-Baqarah : 36)
(; Ajaran Allah/ Do’a Nabi Adam
فتلقى آدم من ربه كلمات فتاب عليه إنه هو التواب الرحيم .  قلنا اهبطوا منها جميعا فإما يأتينكم مني هدى فمن تبع هداي فلا خوف عليهم ولا هم يحزنون
37. Kemudian Adam menerima beberapa kalimat[40] dari Tuhannya, Maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.
38. Kami berfirman: "Turunlah kamu semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, Maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati". (Al-Baqarah : 37-38)
قالا ربنا ظلمنا أنفسنا وإن لم تغفر لنا وترحمنا لنكونن من الخاسرين
23. Keduanya berkata: "Ya Tuhan kami, kami Telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya Pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. (Al-A’raaf  : 23 )
HADIRIN SIDANG JUM’AH …..
(; Kewajiban Manusia - Ibadah
كنتم خير أمة أخرجت للناس تأمرون بالمعروف وتنهون عن المنكر وتؤمنون بالله….
110. Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.. (Ali Imron : 110)
وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون
56.  Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (Adz-Dzariyat :56)
HADIRIN SIDANG JUM’AH …..
 (; Janji Allah SWT – Makhluk Nya
وعد الله الذين آمنوا منكم وعملوا الصالحات ليستخلفنهم في الأرض كما استخلف الذين من قبلهم وليمكنن لهم دينهم الذي ارتضى لهم وليبدلنهم من بعد خوفهم أمنا يعبدونني
55. Dan Allah Telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa dia sungguh- sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana dia Telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang Telah diridhai-Nya untuk mereka, dan dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, Maka mereka Itulah orang-orang yang fasik. (An-Nuur : 55)

Sebagai akhir dari khutbah ini, marilah bersama-sama menyadari serta meningkatkan ketaqwaan kita dengan penuh rasa kerendahan, keikhlasan kehadirat Allah SWT.  Karena sampai detik ini kita masih diberikan waktu oleh Allah SWT untuk terus mempertebal keislaman, keimanan kita, sebagai wujud manifestasi hamba Allah SWT yang terbaik.
بارك الله لى ولكم فى القر آن العظيم. ونفعني  واياكم بما فيه من  الآيات  والذكر الحكيم . انه  هو السميع العليم

0 comments:

Post a Comment

Design by Miftahul Huda Media Center Visit Original Post Copyright 2012