20110329

Iman - Istiqomah ; Materi Khutbah Jum'at

Dengan segala kekurangan perkenankan saya berwasiat serta mengajak bapak2 sekalian terutama pada diri saya pribadi, Marilah kita mantapkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Alloh SWT. Azza Wa Jalla.
Taqwa dalam banyak definisi berarti melaksanakan segala perintah Alloh dan menjauhi larangan-Nya dengan niatan Lillahi Ta’alaa hanya karena Alloh semata.Taqwa juga dapat berarti berlindung pada ta’at Alloh dari hukuman-Nya. Taqwa adalah menjaga diri dari apa saja yang mengandung hukuman Alloh. Taqwa ialah menghindari segala sesuatu yang dapat menjauhkan diri kita dari Alloh sang pencipta. Taqwa adalah menjaga tata krama Syari’at. Taqwa pada stata ketaatan berarti IKHLAS dan pada maksiat berarti sama sekali tidak melakukannya.

HADIRIN SIDANG JUM’AH YANG DIMULIAKAN ALLOH...
Hamdan Wa Syukron Wa Ni’matan, patutlah kita syukuri bahwa kita semua telah melewati bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah, maghfiroh dan rahmad, dalam arti kita telah lulus dari ujian yang kemarin dengan ikhlas menjalankan perintah Allah berpuasa dan njungkung ngibadah semata-mata karena Allah di bulan Ramadhan, patut pulalah kita bergembira, karena di samping telah berhasil menabung pahala, dosa-dosa kitapun yang telah lewat di ampuni oleh Allah SWT.
HADIRIN SIDANG JUM’AH RAHIMAKUMULLOH
Dengan tiga upaya yaitu :
·    Iman
·    Amal Sholeh
·    Istiqomah
…………………………………………………………..

HADITS SATU

عَنْ أَبِي عَمْرو، وَقِيْلَ : أَبِي عَمْرَةَ سُفْيَانُ بْنِ عَبْدِ اللهِ الثَّقَفِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللهِ قُلْ لِي فِي اْلإِسْلاَمِ قَوْلاً لاَ أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَداً غَيْرَكَ . قَالَ : قُلْ آمَنْتُ بِاللهِ ثُمَّ اسْتَقِمْ        . رواه مسلم
Dari Abu Amr, -ada juga yang mengatakan- : Abu ‘Amrah, Sufyan bin Abdillah Ats Tsaqofi radhiallahuanhu dia berkata, saya berkata : Wahai Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam, katakan kepada saya tentang Islam sebuah perkataan yang  tidak  saya tanyakan kepada seorangpun selainmu. Beliau bersabda: Katakanlah: saya beriman kepada Allah, kemudian berpegang teguhlah .  (Muslim).

Pelajaran yang terdapat dalam hadits:
Iman kepada Allah ta’ala harus mendahului ketaatan.
Amal saleh dapat menjaga keimanan
Iman dan amal saleh keduanya harus dilaksanakan.
Istiqomah merupakan derajat yang tinggi .
Keinginan yang kuat dari para shahabat dalam menjaga agamanya dan merawat keimanannya.
Perintah untuk istiqomah dalam tauhid dan ikhlas beribadah hanya kepada Allah semata hingga mati.

ü    Iman :  Al-Baqarah : 149
Maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram, sesungguhnya ketentuan itu benar-benar sesuatu yang hak dari Tuhanmu. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan.

ü    Istiqomah : Al-Ahqaaf : 13

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah[1388] maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita

HADITS DUA

عَنْ أَبِي ثَعْلَبَةَ الْخُشَنِي جُرْثُوْمِ بْنِ نَاشِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : إِنَّ اللهَ تَعَالَى فَرَضَ فَرَائِضَ فَلاَ تُضَيِّعُوْهَا، وَحَدَّ حُدُوْداً فَلاَ تَعْتَدُوْهَا، وَحَرَّمَ أَشْيَاءَ فَلاَ تَنْتَهِكُوْهَا، وَسَكَتَ عَنْ أَشْيَاءَ رَحْمَةً لَكُمْ غَيْرَ نِسْيَانٍ فَلاَ تَبْحَثُوا عَنْهَا
[حديث حسن رواه الدارقطني وغيره] .

Dari Abi Tsa’labah Al Khusyani Jurtsum bin Nasyir radhiallahuanhu, dari Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam dia berkata : Sesungguhnya Allah ta’ala telah menetapkan kewajiban-kewajiban, maka janganlah kalian mengabaikannya, dan telah menetapkan batasan-batasannya janganlah kalian melampauinya, Dia telah mengharamkan segala sesuatu, maka janganlah kalian melanggarnya, Dia mendiamkan sesuatu sebagai kasih sayang buat kalian dan bukan karena lupa jangan kalian mencari-cari tentangnya . 
(Hadits hasan riwayat Daruquthni dan lainnya).

…………………………………………………………..

HADIRIN SIDANG JUM’AH YANG DIMULIAKAN ALLOH...
Dengan tiga upaya yaitu :
·    Iman
·    Amal Sholeh
·    Istiqomah
Insyaallah kita akan menjadi tunas-tunas agama & bangsa yang sholihin.
Demikianlah khutbah Jum’at yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan kita semua senantiasa mendapatkan limpahan taufiq, hidayah serta inayah Allah Swt sehingga mampu mencapai ridlo-Nya , dan mendapatkan syafa’atul Udzma dari rasulillah Saw.
Amin...Amin....Amin ....Ya Yobbal ‘Alamin

.بارك الله لى ولكم فى القر آن العظيم. ونفعنــى وا  ياّكـــم  بما فــيه من ا لا يآت والذّكــر الحكــيم. وتقبّل منّى ومنكم تلاوته إ نّه هو الغفور الرّ حيم

0 comments:

Post a Comment

Design by Miftahul Huda Media Center Visit Original Post Copyright 2012